Bioskop XXI Paling Asyik di Semarang; Apa Saja?

Tipsiana.com - Kemana Anda menghabiskan liburan kali ini? Di luar kota atau cukup di kota tempat kelahiran Anda di Semarang? Seperti halnya kota-kota lain di Jawa Tengah, Semarang juga sangat terkenal dengan kebersihannya sehingga siapapun yang tinggal di kota ini—baik warga asli maupun pendatang—pasti sangat betah.

Bagi pecinta mal, mungkin Semarang tidaklah dapat menjanjikan pusat perbelanjaan selengkap ibukota propinsi lainnya. Namun jangan ditanya bagaimana pecinta bioskop di Semarang cukup dimanjakan dengan fasilitas menonton di kota ini. Memang, hingga saat ini Semarang ‘hanya’ memiliki dua studio XXI yakni Citra XXI dan Paragon XXI. Keduanya pun belum dilengkapi dengan studio The Premiere, namun jadwal bioskop Semarang cukup update dengan rilis film-film terbaru.


Tetapi, hal ini menjadi perhatian dari pemilik studio XXI dimana keduanya menawarkan kemewahan dan kenyamanan menonton yang tak kalah tinggi. Maklum, ekspektasi warga Semarang akan bioskop berkualitas sangat besar. Menonton bioskop adalah salah satu hiburan terfavorit sejak era 70an. Berbagai gedung bioskop dalam berbagai ‘kelas’ ada di kota ini.

Jika Anda bukan warga Semarang, namun Anda hendak berlibur di kota ini, Anda mungkin ingin mengetahui mana yang lebih asyik untuk dikunjungi. Sebenarnya, kedua bioskop XXI tersebut sama-sama memiliki daya tarik tersendiri.

Citra XXI adalah bioskop yang memiliki lima studio XXI. Dari namanya, tentu Anda sudah bisa menebak siapa pemilik dari bioskop ini. Pastinya, bioskop yang berada di Citraland Mall ini menjanjikan kualitas serta fasilitas prima. Selain karena lokasinya yang strategis di wilayah Simpang Lima, Citra XXI juga berada di dalam mal mewah khas pengembang ternama ini. Satu lagi yang menjadi daya tarik dari Citra XXI adalah harga tiket yang berada sedikit di bawah Paragon XXI.


Apakah hal ini berarti Paragon XXI mematok harga mahal untuk tiket masuknya? Sebenarnya, harga tiket bioskop yang terletak di Paragon City mal ini sama dengan studio XXI lainnya di seluruh Indonesia. Pelayanan yang diberikan pun sangat apik, selain dengan fasilitas mewah dan interior elegan di setiap studio deluxe yang dimilikinya. Yang paling menarik adalah Paragon XXI menguasai lantai 3 dan 4 di Paragon City Mall. Bisa dibayangkan berapa kapasitas penonton yang dapat ditampung.

Paragon XXI selalu menjadi tujuan utama bagi mereka yang ingin menyaksikan film bioskop terbaru, tanpa khawatir antrean super panjang dan kehabisan tiket. Hal ini pasti terjadi saat libur panjang, terutama libur lebaran dan liburan kenaikan kelas yang bersamaan seperti di tahun 2017 ini.


Bayangkan saja, ada film super laris seperti “Transformers: The Last Knight” yang dirilis serentak pada 21 Juni 2017. Setiap sekuel film robot super canggih ini selalu dipadati pengunjung, apalagi saat musim liburan. Nah, belum lagi saat hari raya pertama Idul Fitri, yang jatuh pada 25 Juni 2017. Empat film Indonesia terbaru yang diprediksi menjadi film terlaris seperti “Surat Kecil Untuk Tuhan”, “Jailangkung” dan juga “Sweet 20” dan “Insya Allah, Sah!” dirilis bersamaan. Biasanya, film Indonesia ditayangkan lebih lama di Citra XXI.

Bagi pemirsa cilik, ada tontonan asyik di akhir bulan Juni 2017, yakni “Despicable Me 3”. Biasanya, penonton cilik lebih suka menonton di Paragon XXI karena ruang tunggu studio deluxe menawarkan beragam permainan untuk mereka. Para pemirsa cilik tak akan kehabisan tontonan karena akan ada “Spider-Man: Homecoming” pada 5 Juli 2017.


Bioskop terbaru di Semarang adalah DP Mall XXI yang terletak di DP Mall Lt.3 Jl. Pemuda No.150 Semarang. Dengan tujuh studio deluxe dan 1 studio The Premiere, tentu bioskop ini menjadi alternatif paling pas bagi mereka yang ingin menikmati kemewahan studio The Premiere. Selain itu anda juga bisa mencoba alternatif bioskop terbaru lainnya di TransMart Setiabudi Semarang yang baru saja dibuka pada bulan Juni 2017 yang lalu.

Bulan Juni dan Juli adalah bulan 'baik’ bagi pecinta bioskop. Selain film-film tersebut diatas di bulan Juni, sederet film menghebohkan hadir di bulan Juli. Anda yang pernah sangat menggemari “Jumanji” yang dibintangi oleh almarhum Robin Williams, harus menyaksikan film “Jumanji” versi baru bersama dengan putera puteri Anda saat rilis perdana pada 28 Juli 2017. Di tanggal yang sama, ada pula film “Baywatch” serta “Atomic Blonde”.

Tak perlu bingung hendak menonton dimanapun karena ketiganya sama asyiknya!

Hati-hati, Ini Ciri Produk Kecantikan Yang Banyak Mengandung Bahan Kimia

Tipsiana.com - Perempuan tidak bisa dipisahkan dari produk kecantikan ataupun produk perawatan tubuh. Namun, perempuan wajib berhati-hati dalam memilih kedua produk tersebut karena bisa saja mengandung bahan yang berbahaya untuk kulit maupun tubuh.

Produk spesialis dari Oriflame Tussy Inggriani mengatakan produk yang baik untuk kulit adalah produk yang mengandung bahan-bahan alami. "Bahan alami dari tanaman dan buah-buahan sangat ramah terhadap kulit dan tubuh kita," ujar Tussy.


Meski sebuah produk mengklaim telah menggunakan bahan alami, menurut Tussy, produk tersebut tetap memerlukan bahan kimia untuk menghasilkan wewangian. Semakin menyengat wangi sebuah produk maka semakin tinggi unsur kimia dalam produk tersebut.


Selain dari segi wewangian, unsur kimia juga biasa digunakan dalam pewarnaan produk. Produk yang menggunakan bahan kimia pada pewarnaannya biasanya ketika diaplikasikan di permukaan kulit akan meninggalkan bekas warna.

"Unsur pembusa juga selalu terbuat dari bahan kimia. Produk yang menghasilkan busa banyak akan membuat kulit menjadi kering," kata Tussy menambahkan.

Pada dasarnya, Tussy mengatakan, kandungan kimia memang tetap diperlukan namun dalam kadar aman. Misal silikon pada shampo dibutuhkan untuk membersihkan rambut dengan cepat dan mempertahankan keindahan rambut. Tetapi kalau digunakan terlalu banyak rambut bisa menjadi lepek dan berat.

Penggunaan produk berbahan kimia dalam jangka waktu yang lama akan memberikan dampak yang buruk untuk kulit. Pada produk perawatan tubuh, bahan kimia akan membuat kulit menjadi lebih kering atau lebih parah bisa menyebabkan alergi. Sedangkan bahan kimia pada produk perawatan kulit akan berdampak pada perubahan warna kulit, timbulnya hyperpigmentasi hingga jerawat.

Sumber : Republika

Delapan Trik Belajar Paling Unik dan Menyenangkan

Tipsiana.com - Beberapa tips dan trik yang efektif dan mudah diingat biasanya akan terus diajarkan ke generasi selanjutnya. Pengetahuan praktis ini sering diajarkan disela-sela pelajaran sekolah untuk membantu murid memahami dan mengingat materi pelajarannya dengan lebih mudah dan menyenangkan.


Anda mungkin masih ingat saat masih duduk di bangku sekolah, guru-guru kreatif akan memberikan 'jalan tikus' atau cara alternatif agar siswa lebih memahami sebuah konsep belajar. Kali ini kita akan mengingat kembali beberapa trik yang pernah diajarkan guru disekolah. Trik ini bisa berguna untuk membantu anak Anda belajar.

Menentukan sisa waktu sebelum matahari terbenam

Ini bisa dilakukan di tempat yang memiliki pemandangan luas hingga gari horizon terlihat jelas (di pantai misalnya).


Rapatkan jari-jari Anda, dan letakkan telapak tangan hingga matahari seperti 'duduk' di jari telunjuk Anda. Sekarang hitung jumlah sisa jari sampai menyentuh horison. Tiap jari mewakili sisa waktu kira-kira 15 menit sebelum matahari terbenam.


Mengetahui jumlah hari dalam sebulan


Kepalkan tangan, mulailah menghitung bulan dari tonjolan jari. Tiap bukit dan lembah mewakili bulan. Jika menghitung dengan satu tangan, begitu sampai di akhir, mulai lagi hitung dari bukit jari telunjuk.


Jika bulan berada di bukit, berarti memiliki jumlah 31 hari. Jika di lembah, maka jumlah hari adalah 30 hari atau kurang.

Mengetahui bulan cembung sedang menuju purnama (waxing) atau setelah purnama (waning).

Untuk mengajarkan anak Anda dalam menentukan fase bulan, gunakan bentuk huruf D, O, dan C. Bulan purnama diwakili huruf 'O', bulan cembung sebelum purnama 'D', dan cembung setelah purnama dengan huruf 'C'.

Trik Mengingat

Banyak sekali trik mengingat yang diajarkan agar kita bisa mengingat banyak angka, rumus, atau apapun dengan mudah.

Bagi yang pernah mengenyam ilmu kimia di bangku sekolah, Anda pasti sangat kesulitan menghapal tabel berkala unsur kimia. Untuk mengakalinya, ingatkah dulu guru pernah mengajarkan trik menghafal berikut :

Penggolongan unsur Kimia
Golongan I A
H, Li, Na , K, Rb, Cs, Fr
Hari Libur Naik Kuda Rabu Camis Free

Golongan II A
Be, Mg, Ca, Sr, Ba, Ra
Becak Mang Casim Sering Bawa Rambutan

Golongan IIIA
B, Al, Ga, In, Ti
Butet Adalah Gadis Indonesia Tulen

Golongan IV
C, Si, Ge, Sn, Pb
cewek si Gendut Sedang Puber

Golongan VA
N, P, As, Sb, Bi
NeneK Peot Artis Serba Bisa

Golongan VI A
O, S, Se, Te, Po
Oki Sama Sekar Teman Popo

Golongan VII A
F, Cr, Br, I , At
Film Charles Bronson Idaman Ati

Golongan VIIIB
He, NE, Ar, Kr, Xe, Rn
Heboh Negara Arab Karena Xena Runtuh

Inti dari trik ini adalah mewakilkan setiap huruf yang akan dihafal dengan sesuatu yang mudah dan menarik untuk diingat.


Contoh lain adalah trik mengingat Nomor Plat Kendaraan dari berbagai daerah berdasarkan ciri khas daerahnya :

AB = Akeh Blankon (Daerah Istimewa Yogyakarta)
BL = Banyak Lembu (Aceh)
BK = Banyak Kelok, Banyak Karet (Medan)
BA = Banyak Akal (Padang)
BM = Banyak Minyak (Pekanbaru)
BH = Banyak Harimau (Jambi)
BG = Banyak Gajah (Lampung)
DK = Daerah Ketut (Bali)
DF = Daerah Fretilin (Timor Timur, sekarang tidak ada lagi)
DH = Daerah Holand (Kupang)
DD = Daerah Daeng (Makassar)
DB = Daerah Bunaken, atau Daerah Bubur (Manado)

Mengetahui kualitas baterai

Caranya sangat gampang. Angkat dua baterai sejauh 1-2 cm diatas meja, lalu jatuhkan. Baterai yang memantul dan jatuh menandakan baterai tersebut telah kosong.


Menghitung perkalian dengan jari

Nomori setiap jari di kedua tangan Anda dari nomor 1 di jempol tangan kiri hingga nomor 10 di jempol tangan kanan.

Jika Anda ingin melakukan perkalian 3 x 9 misalnya, tekukkan jari nomor 3 (jari tengah tangan kiri) seperti gambar dibawah ini.


Kini perhatikan, sisa jari di sebelah kiri jari yang ditekuk adalah puluhan, untuk contoh perkalian ini jumlah jari disebelah kiri adalah 2 = 20
Kemudian, jumlah jari yang terdapat di sebelah kanan jari yang ditekuk adalah satuan, artinya untuk perkalian 3 x 9, jumlah jari sebelah kanan adalah 7.
Kini gabungkan angka puluhan 20 ditambah angka satuan 7 = 20 + 7 = 27
Jadi 3 x 9 = 27

Sekarang coba lakukan perkalian 7 x 9, berapa hasilnya?


Tekuk jari ke 7, nilai puluhan adalah 6 = 60, dan nilai satuan adalah 3. Jadi 60 + 3 = 63
Hasilnya 7 x 9 = 63. Sangat mudah bukan?

Anda bisa menyimak lebih banyak trik berhitung cepat disini : 7 Cara Berhitung Cepat Yang Tak Diajarkan Di Sekolah




Menghitung panjang

Jika Anda butuh memperkirakan panjang sesuatu tapi tak ada penggaris didekat Anda, Anda bisa menggunakan tangan sebagai penggaris. Berdasarkan ukuran tangan rata-ratang manusia, jarak antara ibu jari dengan jari telunjuk jika direntangkan adalah sekitar 18 cm, dan jarak antara ibu jari dengan jari manis yang direntangkan sekitar 20 cm.


Tentu saja metode ini tidak benar-benar akurat karena perbedaan ukuran tangan tiap orang. Tapi ini akan sangat membantu untuk memperkirakan ukuran dengan cepat.

Mengetahui besar derajat sudut dari jari tangan


Rentangkan jemari Anda sebisanya, gunakan telapak sebagai titik dasar sudut yang akan Anda hitung kemiringannya. Jari kelingking harus sejajar dengan telapak tangan: ini artinya ia memiliki sudut 0°. Sudut antara jari manis dan jari lainnya berturut-turut adalah sekitar 30°, 45°, dan 60°.

Sumber : Brightside dan berbagai sumber

Nasehat Bijak untuk Pengantin Baru dan Para Jomblo yang Akan Menikah

Tipsiana.com - Tulisan ini dibuat dengan maksud bayar utang. Kemarin ada yang request di wall, minta gw nulis soal pernikahan si penghafal Alqur'an.

Gw gak ada ide, kerjaan juga numpuk. Akhirnya iseng-iseng saja gw kasih syarat dia bisa ngumpulin 100 komentar dulu.

Berharap gak bisa. Eeh, ternyata dapatnya lebih.

Huuft, gw lupa "the power of emak-emak kalo sudah ngumpul" :D

Baiklah, semoga tema ini belum basi..

Jadi sampe detik gw ngetik ini, sisa-sisa baper tampak masih berseliweran di beranda. Ada mamak-mamak yang ngakunya ikut patah hati, lupa kalo sudah punya suami.


Ada juga perjaka-perjaka yang ngarep kayak Muzammil Hasballah, padahal bacaannya cuma mentok di iqra 3.

Gw sampe kuatir, jangan-jangan nantinya niat belajar Alqur'an jadi terkontaminasi.

Well.. Mungkin banyak yang mikir perjalanan cinta Muzammil sudah berakhir bersamaan dengan berakhirnya ia melafal sighat taklik, padahal gak sesederhana itu. Dia justru baru mulai start memasuki sebuah labirin rumah tangga yang rumit. Doa-doa kebaikan dunia akhirat dari kita mengalir deras untuknya, tapi gak ada yg bisa menebak ke depannya. Karena kadar kesholehan bukanlah tolak ukur yg mutlak dalam mengarungi rumah tangga.

Menyatukan dua insan yg berbeda bukan perkara mudah, gak ada pasangan yg bisa benar-benar bersatu. Kalo ada orang yg ngomong dia sudah pas banget chemistry-nya dengan pasangannya, coba tanyakan hati kecilnya. Boleh jadi itu bukan cocok, melainkan kemampuan satu di antara mereka dalam menekan ego, entah itu suami atau istri, atau bergantian.

Kalo misalnya kau seorang lelaki sholeh dan kesholehanmu kau jadikan jaminan rumah tanggamu aman, maka gak ada salahnya kau ambil ibroh dari kisah Zubair bin Awwam dan istrinya Asma binti Abu bakar, pasangan mulia yg gak diragukan kemuliannya. Yg satu adalah sahabat Rasulullah, dan satunya lagi adalah putri dari Khulafaur Rasyidin Abu Bakar
as-Shiddiq. Qadarullah, pasangan ini kemudian ditakdirkan bercerai, meski hal itu sedikitpun gak melunturkan kemuliaan mereka dalam sejarah. Zubair bin Awwam Radiallahu anhu syahid di medan perang. Demikian pula anaknya, Abdullah bin Zubair syahid di depan mata ibunya. Adakah di jaman sekarang yg lebih mulia dari mereka? tentu gak ada, tapi takdir perceraian tetap gak bisa mereka hindarkan. Allah-lah yg Maha Membolak-balikkan hati.

Bukannya pesmisitis dan bermaksud nakut-nakutin, tapi saat kau berpikir nikah itu hanya bersenang-senang, sebenarnya kau sudah keliru sejak dalam pikiran.

Ada pepatah bule yang mengatakan "Marriage is about 3 ring : engaged ring, wedding ring, and suffering."

Kiblat kita bukan bule. Tapi gak ada salahnya jaga-jaga.

Saat belum menikah, kau mungkin deg-degan jatuh cinta. Tapi setelah menikah, percayalah bahwa kau lebih deg-degan saat jatuh tempo. Baik itu jatuh tempo cicilan, kreditan, ataupun arisan.

Sebelum menikah nomor satu kasih sayang, setelah nikah nomor satu kasih uang.

Sebelum menikah kau mungkin hanya memikirkan masa lalu dan masa depan. Setelah menikah kau akan lebih kepikiran masa subur.

Ini artinya banyak pertimbangan yg perlu dimatangkan. Jangan kelewat baper kalo liat orang nikah muda, karena bahagia dan menderita itu fifty-fifty kemungkinannya.


Nikah itu sunnahnya disegerakan, bukan dicepat-cepatkan. Itu beda loh..

Kalo disegerakan, kesannya ada tuntunan. Kalo dicepat-cepatkan ada tuntutan, dan bisa jadi itu sekadar tuntutan hawa nafsu.

"Gw bosan dengan status jomblo. Capek dibully so much, so hard, so constantly, and soodahlah.."

Oh, no. Itu bukan alasan. Cuekin para pembully. Bukan mereka yg kelak menjalani hidupmu, jadi pahamilah saja dulu kualitas dirimu.

Jomblo itu gak haram, selama alasannya jelas. Wallahu'alam.

Syaikhul islam Ibnu Taimiyah dan Imam Nawawi adalah dua ulama besar yang menjomblo hingga akhir hayat. Mereka mengabdikan seluruh hidupnya untuk agama, hingga hampir gak ada waktu memikirkan pasangan hidup. Jadi sebenarnya kau sah-sah saja menjomblo, dengan catatan semangat keilmuan bisa seperti mereka. Wow.. Yakin bisa nih? Haha..

Makanya, sekali lagi jangan terburu-buru...
slow but sure, alon-alon asal kelakon..

Despacito, senor..
despacito biar gak desperado..
untuk sementaro banyak-banyaklah puaso..
dan hindari racun mosquito..

Oleh: Arham Rasyid
Sumber : Akun Facebook Penulis

Pecahkan Giok Seharga Setengah Milyar, Turis Ini Jatuh Pingsan

Tipsiana.com - Banyak toko yang memasang tanda peringatan yang menyatakan bila barang dagangan tak sengaja Anda pecahkan, Anda harus membayarnya. "Pecah Berarti Membeli".  Padahal di banyak negara, termasuk Amerika Serikat, tak ada hukum yang memaksa pelanggan membayar barang yang tak sengaja ia pecahkan.

Meski ancaman tersebut dimaksudkan agar pelanggan lebih berhati-hati, tetap saja ini menjadi aturan yang mengganggu kenyamanan pengunjung. Aturan ini bahkan telah memakan korban di Tiongkok.


Seorang turis jatuh pingsan setelah sebuah toko perhiasan giok memaksanya membayar sebuah gelang giok yang tak sengaja ia pecahkan. Tak tanggung-tanggung, nilai giok yang harus ia ganti seharga 300.000 yuan atau senilai 590 juta rupiah.

Awalnya turis wanita ini sedang melihat-lihat sepasang gelang di toko perhiasan giok di Yunan, Tiongkok. Kagum dengan keindahannya, ia mencoba mengenakan gelang tersebut di lengannya. Penjaga toko lalu mengatakan kepadanya kalau harga gelang tersebut senilai setengah milyar rupiah.



Kaget dengan harganya, ia pun buru-buru melepas gelang giok dari lengannya untuk segera dikembalikan ke meja. Karena tergesa-gesa, gelang itupun jatuh ke lantai dan pecah menjadi dua bagian.



Penjaga toko meminta wanita tersebut membayar gelang yang ia pecahkan. Tahu harga barang tersebut sangat mahal, wanita tersebut tiba-tiba tampak panik dan tak sadarkan diri. Paramedis akhirnya tiba di lokasi kejadian dan membawanya ke rumah sakit.



Belum ada kata sepakat antara keluarga wanita tersebut dengan pemilik toko. Seorang penilai barang memperkirakan harga gelang giok tersebut sebenarnya senilai 180.000 yuan (sekitar 350 juta rupiah), sementara keluarganya hanya sanggup mengganti sebesar 70.000 yuan (140 juta rupiah). Benar-benar apes.

Ditodong Pisau, Reaksi Polisi ini Sangat Mengejutkan

Tipsiana.com - Dalam menjalankan tugasnya, polisi harus bertindak tegas terukur. Dalam peristiwa genting,  ia diharuskan bisa menyelesaikan sebuah krisis dengan tepat dan cepat hingga kondisi lebih buruk bisa dihindarkan.

Meski polisi telah melakukan tugasnya semampu mereka, tak jarang tindakan tegas sering harus berakhir dengan jatuhnya korban. Walau korban tersebut adalah pelaku itu sendiri, penyelesaian krisis tanpa korban jiwa dengan langkah persuasif tentu merupakan sebuah pilihan terbaik.


Mungkin para polisi di seluruh dunia bisa berkaca pada seorang polisi asal Thailand ini. Tindakannya menghadapi seorang pria yang menerobos pos polisi sambil menodongkan pisau telah mendapat pujian dari seluruh dunia. Bukannya bertindak tegas, ia memilih melakukan pendekatan dari hati ke hati dengan pelaku.

Petugas yang bernama Anirut Malee seperti biasa sedang bertugas di Kantor Polisi Huay Kwang di Thailand, ketika tiba-tiba seorang pria stres merangsek masuk sambil menodongkan pisau kearahnya.


Dalam video yang menjadi viral terlihat jelas pria ini langsung menodongkan pisau kearah Anirut. Bukannya berusaha melumpuhkan pelaku, dengan tenang Anirut malah duduk diatas meja sambil mengajak pelaku berdialog.



Dalam wawancaranya dengan Thai Viva News, ia berkata, "Ia dulunya seorang musisi tapi kini menjadi satpam selama tiga hari ini dan belum digaji. Ia kalap karena gitarnya dicuri dan itu membuatnya tertekan."

"Aku mendengarkan keluhannya dan bersimpati. Kukatakan aku punya gitar dan akan kuberikan kepadanya, dan aku mengajaknya keluar untuk makan bersama. Kami berbicara dalam dialek Thailand selatan."

Dengan ketenangannya, Anirut membuat pelaku luluh dan segera menyerahkan pisaunya sambil mulai menangis. Sekali lagi Anirut membuat reaksi terpuji; ia segera memeluk lelaki tersebut sambil membuang jauh-jauh pisau pelaku.

Anirut kini menjadi perhatian dunia, ia menjadi pahlawan global. Anirut adalah bukti yang menakjubkan tidak saja sebagai polisi hebat, tapi juga sebagai manusia luar biasa.

Foto Prajurit Kostrad Sholat Berjamaah Jadi Viral

Tipsiana.com - "Dimanapun kita berada, beribadah adalah kewajiban kita kpd sang Khalik." Cuitan yang dikirim dari akun @Cakra_kostrad, akun resmi Kostrad (Komando Strategis Angkatan Darat), tersebut disertai sebuah foto yang memperlihatkan prajurit Kostrad sedang melakukan sholat berjamaah di pinggir pantai dalam kondisi latihan perang.

Sontak foto tersebut menjadi viral di dunia maya dan mendapatkan apresiasi positif dari warga netizen. Bahkan Pentolan PKS sekaligus anggota DPR, Hidayat Nur Wahid pun ikut memuji tindakan para prajurit TNI tersebut. "Subhanallah. Smoga makin kuatkan NKRI lahir dan batin," doa HNW sambil me retweet.


Dalam foto tampak sekitar 200-an prajurit Kostrad melakukan sholat berjamaah yang dipimpin seorang imam didepan. Disekeliling mereka berderet prajurit yang bersiaga dan mengawal mereka yang sedang sholat.




Sejak dicuitkan pada 20 Juni 2017 lalu, lebih dari seribu netizen menyukai foto tersebut dan di re-tweet oleh 922 orang. Reaksi bangga dan takjub mewarnai kolom komentar dibawahnya.

"Kemenangan dalam perang tidak hanya ditentukan oleh taktik dan strategi tapi juga karena kehendak Allah SWT...pasrah dan ikhlas itu kuncinya" cuit akun @KGB8498.

Empat Bahaya Baru Gula Yang Wajib Diketahui

Tipsiana.com - Gula sudah jadi bahan utama yang wajib ada di dapur kita. Menurut data BPS tahun 2015, konsumsi gula per kapita indonesia cukup tinggi, yakni 1,3 ons per minggu atau lebih dari setengah kilo per bulan. Ini adalah konsumsi makanan terbesar ketiga setelah beras dan telur ayam.

Yang tak banyak orang sadari, selain memiliki efek negatif pada gigi dan gula darah, gula juga memiliki banyak dampak berbahaya bagi kesehatan tubuh. Bahkan dua dari empat bahaya gula yang akan kita bahas berikut ini mungkin Anda belum pernah ketahui sebelumnya.


Kita akan membahas empat alasan mengapa mulai hari ini kita harus mengontrol asupan gula di tubuh.

1. Gula mempercepat proses penuaan kulit

Ketika masuk kedalam aliran darah, gula akan secara kimia terhubung dengan protein semisal kolagen dan elastin yang mana dua protein ini berperan menjaga kulit tetap awet muda.

Awalnya, interaksi ini akan merusak protein tersebut dimana kerusakan kolagen dan elastin akan membuat kulit menjadi kering dan berkerut.

Setelahnya, ia akan memproduksi zat berbahaya baru, yang membuat kulit lebih rentan terhadap paparan sinar matahari. Ini akan memperburuk kondisi kulit karena sinar matahari adalah penyebab utama penuaan dini.

2. Gula menjadi pemicu peradangan

Kemampuan gula memperparah peradangan akan menyebabkan munculnya jerawat dan keriput pada kulit Anda. Ia juga akan meningkatkan resiko terkena penyakit artritis.

Bahkan ketika kita minum teh manis hangat saat flu, gula dapat menjadi tempat berkembang biak bagi bakteri di tenggorokan yang meradang.


3. Gula dapat menyebabkan penyakit kardiovaskular

Selama abad ke-20, dokter mengira kalau penyakit kardiovaskular dapat dicegah dengan menurunkan konsumsi lemak yang penyebab naiknya kadar kolesterol. Gula dianggap tidak terlalu berbahaya dibanding lewmak hewani. Orang-orang pun melakukan diet bebas lemak namun tak mengurangi konsumsi gulanya.

Di awal abad ke-21, keadaan berubah drastis. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa gula ternyata secara signifikan meningkatkan kadar kolesterol. Kolesterol inilah yang kemudian menempel di dinding pembuluh darah yang sudah rusak akibat gula.

4. Gula secara harfiah bisa membuat Anda menjadi stres berat

Mungkin terdengar mengada-ada, tapi penelitian membuktikan bahwa gula bisa menjadi penyebab depresi. Ini terjadi karena gula akan menurunkan kadar hormon BDNF, yang produksi terhambat pada penderita depresi dan schizophrenia.

Penelitian lain memperlihatkan bahwa orang yang terlalu banyak mengonsumsi gula dapat membuat gelisah. Ini ironis, karena biasanya orang gelisah malah suka makan yang manis-manis.

Dan salah satu eksperimen menunjukkan kalau tikus tumbuh menjadi lebih bodoh bila terlalu banyak makan gula. Ilmuwan mengaitkan ini dengan kandungan gula yang merusak jaringan antar sel otak yang bertanggungjawab pada daya tangkap belajar dan ingatan.

Sumber:
https://www.bps.go.id/linkTabelStatis/view/id/950
http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/20620757
http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2868080/
http://www.webmd.com/heart-disease/news/20100420/high-sugar-diet-linked-lower-good-cholesterol#1
http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/15123503
http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2235907/
http://onlinelibrary.wiley.com/doi/10.1113/jphysiol.2012.230078/full

Warga Muslim Jadi Pahlawan Penyelamat Kebakaran London

Tipsiana.com - Warga Muslim yang tinggal di apertemen Grenfall London dipuji sebagai pahlawan penyelamat pada peristiwa kebakaran gedung kemarin. Mereka membangunkan para tetangga yang masih tertidur lelap ketika kejadian terjadi.

Warga muslim yang sedang santap sahur mencium bau asap pada sabtu dinihari dan segera berlarian menggedor pintu para tetangga agar segera menyelamatkan diri. Mereka menjadi penyelamat setelah belakangan diketahui alarm dan penyemprot api tidak berfungsi.


Khalid Suleman, 20, yang tinggal di lantai delapan gedung Grenfell Tower mengatakan biasanya ia terjaga hingga larut malam untuk menunggu makan sahur. "Tak ada alarm tanda peringatan berbunyi, Aku sedang main Playstation sambil menunggu sahur hingga terciup bau asap" katanya.

"Aku langsung beranjak melihat keluar jendela dan terlihat lanta tujuh gedung berasap. Kubangunkan bibiku, berpakaian dan langsung menggedor pintu para tetangga."

Semua pintu terbuka kecuali dua pintu, tapi yg terakhir akhirnya ikut membuka pintunya. Jadi hanya satu keluarga yang tak bisa dibangunkan."


Menurut Lembaga Masjid London, sahur di kota London pada sabtu keamrin selesai saat fajar pada pukul 2.40 dinihari. Rashida, berkata,"Kebanyakan umat muslim baisanya belum tidur hinggga pukul 02.00 atau 02.30 dinihari untuk shalat malam dan sahur. Jadi seluruh keluarga masih bangun sehingga bila ada sesuatu yang tak beres di lingkungan sekitar pada jam tersebut, mereka pasti mengetahuinya."

Seorang warga yang diwawancarai reporter mengatakan, "Andai saja tak ada para remaja Muslim yang berdatangan dari masjid untuk menolong kami, bakal banyak orang yang akan mati."

"Mereka lah orang pertama yang membagikan air, berlarian dan berteriak membangunkan warga."

Relawan Muslim membantu para korban kebakaran

Andre Barroso, 33 tahun, bercerita pada The Independent, "Warga Muslim berperan besar menyelamatkan orang-orang keluar dari sini . Kulihat orang-orang yang menolong kebanyakan adalah Muslim. Mereka juga menyediakan makanan dan pakaian."

200 petugas pemadam kebakaran dikerahkan beserta 40 mobil damkar. Sejauh ini ditemukan 6 orang tewas akibat kebakaran gedung 27 lantai tersebut.

Sumber : dailymail.co.uk

Burj Khalifa Punya 3 Zona Waktu Puasa, Jadi Bukti Bumi Memang Bulat

Tipsiana.com - Tahukah Anda, Burj Khalifa ternyata memiliki tiga zona waktu puasa yang berbeda-beda?

Gedung tertinggi di dunia ini memiliki 160 lantai dan ketinggian 828 meter. Saking tingginya, durasi dan waktu puasa di puncak Burj Khalifaberbeda beberapa menit dengan yang di tengah dan di dasar gedung tersebut.

Oleh karena itu, zona waktu berpuasa di Burj Khalifa pun dibagi menjadi tiga berdasarkan ketinggiannya.


Zona pertama adalah lantai dasar hingga 80. Pada lantai ini, lama puasanya sama seperti durasi puasa yang umum di wilayah tersebut. Zona kedua adalah lantai 81 hingga 150. Kalau di zona ini, lama puasanya bertambah sekitar dua menit dari durasi puasa pada umumnya. Zona ketiga adalah lantai 151 ke atas. Nah, kalau di zona ini, lama puasanya bertambah sekitar tiga menit.

Menurut Thomas Djamaluddin, Kepala Lembaga Penerbangan Antariksa Nasional (Lapan), adanya ketiga zona ini disebabkan oleh perbedaan ketinggian.


Semakin tinggi jaraknya dari permukaan tanah, ufuk yang terlihat pun menjadi berbeda-beda. Thomas berkata bahwa setiap naik 100 meter, waktu Maghrib akan bertambah satu menit. Sebab, semakin tinggi Anda berada, ufuk pun terlihat semakin rendah.

Kalau waktu Maghrib semakin tinggi semakin lama, kebalikannya terjadi saat sahur. Untuk waktu sahur, semakin tinggi lantainya, semakin cepat waktu sahurnya. Hal ini disebabkan di lantai yang tinggi, fajarnya akan datang lebih awal.

Kesimpulannya, semakin tinggi lantainya, semakin panjang waktu puasanya dan semakin cepat waktu sahurnya.

Apakah di Indonesia hal ini juga berlaku? Jawabannya adalah tidak. Sebab, tidak ada gedung yang tingginya sama seperti Burj Khalifa di Indonesia.

Sumber : Kompas

Benarkah Gajah Mada Seorang Muslim?

Tipsiana.com - Siapa yang tidak kenal Gaj Ahmada (Gajahmada). Agama apa sebenarnya yang dianut Gaj Ahmada?

Lembaga Hikmah dan Kebijakan Publik (LHKP) Pengurus Daerah Muhammadiyah Yogyakarta sengaja melakukan penelitian untuk melakukan kajian ulang terhadap sejarah Majapahit. Setelah sekian lama berkutat dengan beragam fakta-data arkeologis, sosiologis dan antropolis .

Maka tim ini kemudian menerbitkan hasil penelitiannya dalam sebuah buku awal berjudul "KESULTANAN MAJAPAHIT Fakta Sejarah Yang Tersembunyi".


Berikut diantara hasil penelitian tersebut:

1. Ditemukan atau adanya koin-koin emas Majapahit yang bertuliskan kata-kata ‘La Ilaha Illallah Muhammad Rasulullah’. Sebagaimana kita ketahui, koin merupakan sebuah alat pembayaran resmi yang berlaku di sebuah wilayah kerajaan. Maka sungguhlah mustahil jika dikatakan bahwa sebuah kerajaan Hindu memiliki koin yang bertuliskan kalimat tauhid seperti ini.


2. Pada batu nisan Syaikh Maulana Malik Ibrabim (Sunan Gresik) terdapat tulisan yang menyatakan bahwa beliau adalah seorang Qadhi (hakim agama Islam) kerajaan Majapahit. Hal ini menunjukkan bahwa Agama Islam merupakan agama resmi kerajaan tersebut.

3. Lambang kerajaan Majapahit berupa delapan sinar matahari dengan beberapa tulisan arab yakni sifat, asma, ma’rifat, Adam, Muhammad, Allah, tauhid dan Dzat. Mungkinkah sebuah kerajaan Hindu memiliki logo/lambang resmi bertuliskan kata-kata arab seperti in?

4. Pendiri kerajaan Majapahit yakni Raden Wijaya ternyata seorang muslim. Beliau adalah cucu dari Prabu Guru Dharmasiksa, seorang Raja Sunda sekaligus ulama Islam Pasundan yang hidup selayaknya seorang sufi. Sedangkan neneknya merupakan seorang muslimah keturunan penguasa Kerajaan Sriwijaya. Meskipun Raden Wijaya bergelar Kertarajasa Jayawardhana (menggunakan bahasa sansekerta yang lazim digunakan saat itu), tidak lantas menjadikan beliau seorang pemeluk Hindu. Gelar seperti ini (menggunakan bahasa sansekerta) ternyata masih juga digunakan oleh raja-raja muslim jawa zaman sekarang seperti Hamengkubuwono dan Paku Alam di Yogyakarta serta Pakubuwono di Surakarta/Solo.


4. Patih kerajaan Majapahit yang terkenal dengan Sumpah Palapa-nya, Patih Gajah Mada juga seorang muslim. Nama aslinya adalah Gaj Ahmada (terlihat lebih Islami, bukan?). Hanya saja, orang jawa saat itu sulit mengucapkan nama tersebut. Mereka menyebutnya Gajahmada untuk memudahkan pengucapan dan belakangan ditulis terpisah menjadi Gajah Mada (walaupun hal ini salah). Kerajaan Majapahit mencapai puncak keemasan pada masa Patih Gaj Ahmada. Konon, kekuasaannya sampai ke Malaka (sekarang masuk wilayah Malaysia). Setelah mengundurkan diri dari kerajaan, Patih Gaj Ahmada lebih dikenal dengan sebutan Syaikh Mada oleh masyarakat sekitar. Pernyataan ini diperkuat dengan bukti fisik yaitu pada nisan makam Gaj Ahmada di Mojokerto terdapat tulisan ‘La Ilaha Illallah Muhammad Rasulullah’.

5. Sebagaimana diketahui bahwa 1253 M, tentara Mongol pimpinan Hulagu Khan menyerbu Baghdad. Timur tengah pun berada dalam situasi konflik yang tidak menentu. Terjadilah eksodus besar-besaran (pengungsian) kaum muslim dari Timur Tengah (tetutama keturunan Nabi yang biasa dikenal dengan sebutan alawiyah). Mereka menuju kawasan Nuswantara (atau Nusantara) yang kaya akan sumber daya alamnya. Mereka pun menetap dan melanjutkan keturunan yang sebagian besar menjadi penguasa kerajaan-kerajaan di nusantara, termasuk kerajaan Majapahit.

Itulah beberapa fakta mengejutkan yang tersembunyi dari kerajaan Majapahit. Anda terkejut? Saya pun demikian. Mengapa bisa terjadi kesalahan seperti ini? Kita tahu, kawasan nusantara saat itu dikuasai penjajah Belanda yang kafir. Dalam konteks Majapahit, Belanda berkepentingan untuk menguasai Nusantara yang mayoritas penduduknya adalah muslim. Untuk itu, diciptakanlah pemahaman bahwa Majapahit yang menjadi kebanggaan masyarakat Indonesia adalah kerajaan Hindu dan Islam masuk ke Nusantara belakangan dengan mendobrak tatanan yang sudah berkembang dan ada dalam masyarakat.

Ttd

(ARIF BARATA)

*Sumber: Facebook Arif Barata
---------
Tentunya klaim ini butuh pembuktian lebih lanjut, namun tak salah jika ini menjadi tesis baru untuk mengungkap kebenaran sejarah.

Namun teori bahwa Gajah Mada adalah muslim dan kerajaan Majapahit sebenarnya adalah Kesultanan Majapahit yang menganut agama Islam ternyata dikritisi juga oleh pihak lain. Anda bisa membandingkan argumen kontra-nya pada artikel ini : http://wongcilikbicara.blogspot.co.id/2010/11/majapahit-bukan-kesultanan-islam.html
(redaksi tipsiana)

Satu-satunya Video Pertarungan Nyata Bruce Lee Dipublikasikan

Tipsiana.com - Selama ini kita menyaksikan perkelahian sang legenda beladiri Bruce Lee lewat film-film aksinya. Kecepatan gerakannya tak tertandingi oleh lawan mainnya. Tapi apakah dalam dunia nyata Bruce Lee memang memiliki kecepatan dan kekuatan seperti yang digambarkan dalam film?

Video-video dokumentasi Bruce Lee biasanya hanya mempertontonkan aktivitas latihan dan unjuk kebolehan Bruce Lee tanpa pernah merekam ia bertarung dalam pertandingan resmi.


Namun sebuah video yang diklaim sebagai satu-satunya rekaman pertandingan nyata Bruce Lee di publikasikan oleh Chanel Beerdy-Bruce Lee Central via Youtube pada 11 Juni 2017 kemarin.

Lawan tandingnya adalah Ted Wong, salah seorang murid terbaiknya. Mereka memakai body protector sebagai alat pelindung tubuh wajib.


Dalam pertarungan  tersebut terlihat Bruce Lee memakai jurus dari aliran bela diri ciptaannya sendiri: Jeet Kune Do, "Jalan menepis pukulan". Seni bela diri ini dikenal memiliki gerakan cepat, mengalir dan mampu beraksi di pertarungan jalanan maupun di dalam ring.

Wong tampak berulangkali ingin mendekati Lee, yang terus menjaga jarak dengan selalu bergerak cepat. Berulangkali pukulan Wong dimentahkan dan balik menyerang dengan mudah, bahkan kadang terlihat terlalu mudah. Dan sekali tonjok, Wong pun terkapar.

Berikut videonya:

Sumber : dailymail.co.uk

Detik-Detik Tabrakan Maut Terekam Kamera di Jepang

Tipsiana.com -  Jalan raya merupakan penyumbang angka kecelakaan berkendara terbesar di dunia. begitu banyaknya pengguna jalan via darat dan tingginya angka human error saat berkendara, menyebabkan kecelakaan sering tak terhindarkan.

Sebuah video dari kamera bus merekam detik-detik mengerikan tabrakan maut yang terjadi di sebuah jalan raya di Jepang.


Video dramatis ini memperlihatkan sebuah mobil sedan dari seberang jalur yang terbang melewati pagar pembatas dan menghantam bus berisi penuh penumpang.


Kamera lain yang terpasang di bus juga menangkap momen ketika bus yang penuh penumpang tersebut terhempas akibat dashyatnya benturan.

Kecelakaan tragis tersebut terjadi di jalan tol Tomei, prefektur Aichi, Jepang pada Sabtu pagi yang lalu. Pengendara sedan berusia 62 tahun, Masamitsu Ikuma, dilaporkan tewas seketika,


Bus yang ditrabak membawa 44 penumpang bus, bersama supir dan pemandu wisata, sedang dalam perjalanan dari Toyokawa, Aichi menuju prefektur Yamanashi.  Hampir seluruh penumpang mengalami luka ringan dengan enam orang diantaranya menderita patah tulang.


Melihat dari kondisi mobil sedan yang hancur lebur, para penumpang cukup beruntung hanya mengalami cidera ringan.

Hutang Puasa Ramadhan Tahun Lalu Belum Diqadha. Bagaimana Hukumnya?

Tipsiana.com - Allah membolehkan, bagi orang yang tidak mampu menjalankan puasa, baik karena sakit yang ada harapan sembuh atau safar atau sebab lainnya, untuk tidak berpuasa, dan diganti dengan qadha di luar ramadhan. Allah berfirman,

فَمَنْ كَانَ مِنْكُمْ مَرِيضًا أَوْ عَلَى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِنْ أَيَّامٍ أُخَرَ
Barangsiapa diantara kamu ada yang sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkan itu pada hari-hari yang lain. (QS. Al-Baqarah: 184)


Kemudian, para ulama mewajibkan, bagi orang yang memiliki hutang puasa ramadhan, sementara dia masih mampu melaksanakan puasa, agar melunasinya sebelum datang ramadhan berikutnya. Berdasarkan keterangan A’isyahradhiyallahu ‘anha,


كَانَ يَكُونُ عَلَيَّ الصَّوْمُ مِنْ رَمَضَانَ، فَمَا أَسْتَطِيعُ أَنْ أَقْضِيَ إِلَّا فِي شَعْبَانَ
Dulu saya pernah memiliki utang puasa ramadhan. Namun saya tidak mampu melunasinya kecuali di bulan sya’ban. (HR. Bukhari 1950 & Muslim 1146)

Dalam riwayat muslim terdapat tambahan,

الشُّغْلُ بِرَسُولِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

‘Karena beliau sibuk melayani Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.’
A’isyah, istri tercinta Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam selalu siap sedia untuk melayani suaminya, kapanpun suami datang. Sehingga A’isyah tidak ingin hajat suaminya tertunda gara-gara beliau sedang qadha puasa ramadhan. Hingga beliau akhirkan qadhanya, sampai bulan sya’ban, dan itu kesempatan terakhir untuk qadha.

Al-Hafidz Ibnu Hajar mengatakan,

وَيؤْخَذ مِنْ حِرْصهَا عَلَى ذلك في شَعْبَان: أَنَّهُ لا يجُوز تَأْخِير الْقَضَاء حَتَّى يدْخُلَ رَمَضَان آخر

Disimpulkan dari semangatnya A’isyah untuk mengqadha puasa di bulan sya’ban, menunjukkan bahwa tidak boleh mengakhirkan qadha puasa ramadhan, hingga masuk ramadhan berikutnya. (Fathul Bari, 4/191).



Bagaimana jika belum diqadha hingga datang ramadhan berikutnya?

Sebagian ulama memberikan rincian berikut,

Pertama, menunda qadha karena udzur, misalnya kelupaan, sakit, hamil, atau udzur lainnya. Dalam kondisi ini, dia hanya berkewajiban qadha tanpa harus membayar kaffarah. Karena dia menunda di luar kemampuannya.

Imam Ibnu Baz rahimahullah pernah ditanya tentang orang yang sakit selama dua tahun. Sehingga utang ramadhan sebelumnya tidak bisa diqadha hingga masuk ramadhan berikutnya.
Jawaban yang beliau sampaikan,

ليس عليها إطعام إذا كان تأخيرها للقضاء بسبب المرض حتى جاء رمضان آخر ، أما إن كانت أخرت ذلك عن تساهل ، فعليها مع القضاء إطعام مسكين عن كل يوم

Dia tidak wajib membayar kaffarah, jika dia mengakhirkan qadha disebabkan sakitnyam hingga datang ramadhan berikutnya. Namun jika dia mengakhirkan qadha karena menganggap remeh, maka dia wajib qadha dan bayar kaffarah dengan memberi makan orang miskin sejumlah hari utang puasanya.

Kedua, sengaja menunda qadha hingga masuk ramadhan berikutnya, tanpa udzur atau karena meremehkan.

Ada 3 hukum untuk kasus ini:
Hukum qadha tidak hilang. Artinya tetap wajib qadha, sekalipun sudah melewati ramadhan berikutnya. Ulama sepakat akan hal ini.
Kewajiban bertaubat. Karena orang yang secara sengaja menunda qadha tanpa udzur hingga masuk ramadhan berikutnya, termasuk bentuk menunda kewajiban, dan itu terlarang. Sehingga dia melakukan pelanggaran. Karena itu, dia harus bertaubat.
Apakah dia harus membayar kaffarah atas keterlambatan ini?
Bagian ini yang diperselisihkan ulama.

Pendapat pertama, dia wajib membayar kaffarah, ini adalah pendapat mayoritas ulama.
As-Syaukani menjelaskan,

وقوله صلى الله عليه وسلم: “ويطعم كل يوم مسكينًا”: استدل به وبما ورد في معناه مَن قال: بأنها تلزم الفدية من لم يصم ما فات عليه في رمضان حتى حال عليه رمضان آخر، وهم الجمهور، ورُوي عن جماعة من الصحابة؛ منهم: ابن عمر، وابن عباس، وأبو
هريرة. وقال الطحاوي عن يحيى بن أكثم قال: وجدته عن ستة من الصحابة، لا أعلم لهم مخالفًا

Sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Dia harus membayar fidyah dengan memberi makan orang miskin”, hadis ini dan hadis semisalnya, dijadikan dalil ulama yang berpendapat bahwa wajib membayar fidyah bagi orang yang belum mengqadha ramadhan, hingga masuk ramadhan berikutnya. Dan ini adalah pendapat mayoritas ulama, dan pendapat yang diriwayatkan dari beberapa sahabat, diantaranya Ibnu Umar, Ibnu Abbas, dan Abu Hurairah.

At-Thahawi menyebutkan riwayat dari Yahya bin Akhtsam, yang mengatakan,
وجدته عن ستة من الصحابة، لا أعلم لهم مخالفًا
Aku jumpai pendapat ini dari 6 sahabat, dan aku tidak mengetahui adanya sahabat lain yang mengingkarinya. (Nailul Authar, 4/278)

Pendapat kedua, dia hanya wajib qadha dan tidak wajib kaffarah. Ini pendapat an-Nakhai, Abu Hanifah, dan para ulama hanafiyah. Dalilnya adalah firman Allah,

فَمَنْ كَانَ مِنْكُمْ مَرِيضًا أَوْ عَلَى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِنْ أَيَّامٍ أُخَر

Barangsiapa yang sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkan itu pada hari-hari yang lain. (QS. Al-aqarah: 184)

Dalam ayat ini, Allah tidak menyebutkan fidyah sama sekali, dan hanya menyebutkan qadha.
Imam al-Albani pernah ditanya tentang kewajiban kaffarah bagi orang yang menunda qadha hingga datang ramadhan berikutnya. Jawaban beliau,

هناك قول، ولكن ليس هناك حديث مرفوع

Ada yang berpendapat demikian, namun tidak ada hadis marfu’ (sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam) di sana. (al-Mausu’ah al-Fiqhiyah al-Muyassarah, 3/327).

Sumber :
Binbaz.org.sa
Akhwat Indonesia

Berperisai Kayu, Begini Rupa Tank Tentara Filipina Saat Lawan Kelompok Radikal

Tipsiana.com - Presiden Filipina, Rodrigo Duterte mengumumkan darurat militer di Mindanao, salah satu pulau utama di Filipina, setelah kelompok radikal Maute melakukan perlawanan di kota Marawi pada 23 Mei lalu.

Tentara pemerintah mengatakan bahwa kelompok tersebut telah terlibat pertempuran selama beberapa hari terakhir yang dipercaya dilakukan untuk melindungi pimpinan ISIS Filipina, Isnilon Hapilon yang bersembunyi di kota ini.


Tragisnya, pengepungan ini menyebabkan banyak penduduk sipil, tentara dan kelompok militan tewas. Masyarakat Filipina juga kuatir akan keselamatan tentaranya karena didukung oleh amunisi yang minim dan tank yang terlihat hanya menggunakan pelindung dari potongan kayu.

Padahal, pemasangan pelindung kayu di sekujur tubuh tank ternyata memiliki fungsi, dan ini memainkan peran penting dalam menyelamatkan nyawa para awak tank.


Potongan kayu berfungsi sebagai pelindung tambahan pada kendaraan baja tersebut. Di perang Vietnam, tank-tank Amerika sudah menggunakan prinsip yang sama dengan menggunakan batang kayu dan material lain untuk menghalau roket RPG yang ditembakkan tentara Viet Cong.


Pelindung kayu akan membuat peluru lawan meledak sebelum mencapai baja pelindung utama tank. Ini membuat roket kehilangan ketajaman dan energi kinetiknya, sehingga akan menjadi tidak efektif dalam menembus badan tank.


Diketahui bahwa kelompok radikal Maute masih menggunakan senjata jenis RPG-2, jenis yang sama dengan yang digunakan Viet Cong untuk melawan tank Amerika.